Jumat, 03 Desember 2010

 undefined
Bagi seorang kolektor miniatur mobil, mungkin model Bugatti Veyron akan menjadi puncak kebanggaannya. Betapa tidak, miniatur mobil termahal di dunia ini harganya mencapai Rp40 miliar, hampir dua kali lipat dari harga mobil aslinya.

Kenapa bisa semahal itu? Bugatti Veyron Diamond Limited Edition, demikian namanya, terbuat dari emas 24 karat. Miniatur rancangan desainer Stuart Hughes dan insinyur asal Swiss Robert Gulpen ini juga dilengkapi dengan berlian tunggal 7,2 karat yang dipotong sempurna.
Replika ini dibuat dengan skala 1:18. Lengkap dengan atap mobil, kemudi, dan lekukan mesin yang sangat rinci. Berat miniatur ini sangat fantastis, 6,8 kg. Setidaknya, Hughes dan Gulpen membutuhkan dua bulan untuk menyelesaikan replika ini.

Sayangnya, model ini hanya dibuat tiga buah. Masing-masing dijual dengan sertifikat keaslian dan dokumentasi fotografi pembuatan. (Most Expensive Journal)

Bugatti Veyron

Peugeot Bikin Mobil Saingan Bugatti Veyron

Kini mobil sport super mahal tidak hanya dikuasai Ferrari, Lamborghini, dan Bugatti. Setelah perusahaan otomotif baru asal Brasil, Rossin-Bertin, siap meluncurkan produk supercar pertamanya, Vorax, kini giliran Peugeot.

Pabrikan mobil Perancis ini baru saja memperkenalkan mobil konsep supercar Peugeot Shine yang siap bersaing di mobil-mobil sport super mahal.

Konsep kendaraan yang futuristik dihasilkan oleh desainer Polandia, Piotr Czyzewski, yang bekerja pada sebuah perusahaan pembuatan kapal pesiar. Selain mendesain kapal, ia juga merancang sepatu dan jam tangan yang terkenal.

Tidak seperti supercar yang lain, Peugeot mengusung konsep mobil sport empat penumpang, dan dilengkapi empat pintu yang semuanya dibuka ke atas. Interiornya pun sangat mewah.

Rancangan mobil yang rendah dan bentuk irisan badan kendaraan mengingatkan pada Bugatti Veyron, mobil tercepat dan termahal di dunia. Desain mobil bagian depan sangat agresif dengan hidung menyerupai paruh elang dan lampu LED segitiga senada dengan lengkungan roda.

Konsep belakang, Peugeot menerapkan model jendela belakang yang sangat panjang dan diikuti spoiler sudut. Sebuah knalpot tunggal diletakkan tengah bumper. Roda krom yang gelap memberikan kesan maskulin.
Kabarnya, Peugeot bakal memasang mesin GT pada mobil ini. Agar mengenal lebih jelas, foto-foto bisa dilihat di bawah artikel ini. (Autoevolution)

Peugeot ShinePeugeot ShinePeugeot ShinePeugeot ShinePeugeot Shine
Peugeot Shineundefined

Cadillac One, Benteng Berjalan Obama

Mobil ini didesain tahan serangan roket senjata dan bahan kimia.

Kedatangan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia, sudah pasti juga disertai dengan kehadiran mobil limousine kepresidenan teranyarnya, Cadillac One.


Mobil ini sendiri mulai beroperasi sejak Obama mulai dilantik pada awal tahun lalu. Tampilan limo ini mengambil beberapa desain milik model mobil lain, seperti sedan sport CTS maupun Escalade.

Kendati ukuran Cadillac One kurang lebih sama dengan ukuran mobil-mobil kepresidenan AS sebelumnya, namun model mobil besutan General Motors ini terlihat lebih tegak.

Kendaraan ini didesain dan dikembangkan oleh para spesialis yang menggunakan standar keamanan tertinggi, termasuk tahan dari serangan roket dan bahan kimia, mengingat kendaraan ini bisa jadi merupakan sasaran utama bagi target pembunuhan.

Ilustrasi Cadillac One di bawah ini setidaknya menjelaskan berbagai fungsi dan kelebihan yang dimiliki kendaraan ini.

Harga: 300 ribu poundsterling atau sekitar Rp 4,2 miliar
Lebar: 18 feet atau 5,5 m
Tinggi: 5 feet 10 inchi atau 1,8 m
Mesin: 6,5 liter
Bahan bakar: Diesel
Konsumsi bahan bakar: sekitar 8 mil per galon atau 3,4 km per liter

Kecepatan maksimum: 60 mph atau sekitar 97 km/ jam
Akselerasi 0-60 mph: 15 detik

Fitur-fitur dalam Cadillac One

Casis
Dibuat dari pelat baja lima inchi yang didesain untuk bisa tahan dari bom yang diletakkan di bagian bawah mobil

Bodi
Kombinasi dari baja, aluminium, titanium, dan keramik yang akan tahan dari tembusan berbagai macam proyektil

Supir
Supir kepresidenan telah dilatih oleh CIA untuk bisa mengendarai kendaraan dalam berbagai keadaan genting

Kaca Depan
Bisa menahan peluru penembus perisai (peluru yang didesain bisa menembus tank), merupakan satu-satunya kaca yang bisa dibuka agar supir tetap bisa membayar tol atau berkomunikasi dengan agen secret service yang berada di sekeliling mobil

Pintu
Pintu lapis baja setebal delapan inchi dengan bobot seberat pintu kabin pesawat jet Boeing 757

Kompartemen Supir
Dilengkapi dengan steering wheel standar, sistem penjejak GPS dan sistem komunikasi yang terintegrasi pada dasbor

Ban
Terbuat dari bahan kevlar yang dilengkapi dengan sabuk baja, sehingga antirusak dan tahan bocor. Walaupun diledakkan, ban akan tetap kuat sehingga mobil akan tetap bisa melarikan diri dari serangan

Aksesoris Pertahanan
Dilengkapi dengan kamera-kamera night vision, shotgun, maupun kanon gas air mata. Mobil juga menyediakan cadangan darah presiden, bila sewaktu-waktu ia membutuhkan transfusi darah darurat

Kompartemen Belakang
Bisa memuat empat penumpang dan dipisahkan dengan partisi kaca yang hanya bisa dinaik turunkan oleh Presiden Obama. Jendelanya lebih bear daripada kendaraan kepresidenan sebelumnya. Tombol Panic Button juga disediakan bila sewaktu-waktu Presiden meminta pertolongan

Kursi Belakang
Kursi Obama, memiliki berbagai fitur termasuk desktop yang bisa dilipat, komputer laptop, saluran WiFi, ponsel satelit, dan sambungan langsung kepada wakil presiden dan Pentagon

Tangki Bensin
Dilapis baja dan didesain khusus dengan foam yang mencegahnya dari meledak walaupun dihajar langsung oleh tembakan atau sejenisnya

Boot
Menyediakan suplai oksigen dan sistem pemadaman kebakaran